gg

k

Kamis, 12 April 2012

Cara Merubah Tampilan Gnome Shell Ubuntu 11.10 menjadi Linux Mint

ah tadi malam saya menuliskan trik cara merubah tampilan Ubuntu 11.10 menjadi Mint Mate, kali ini saya ingin coba membagikan tips agar bisa merubah tampulan gnome shell di Ubuntu 11.10 menjadi seperti linux Mint 12. Apakah tampilan dibawah ini sudah mirip linux Mint :
Gnome Shell Ubuntu dengan tampilan Mint 12
Gnome Shell Ubuntu dengan tampilan Mint 12
Namun sebelumnya saya asumsikan sobat sudah menginstall Mint Mate seperti yang saya tulis sebelumnya. Karena tentu saja tema GTK dan juga wallpaper yang digunakan memang diinstall saat kita menggunakan repository Linux Mint. Selanjutnya yang perlu dilakukan untuk merubah tampilan gnome shell di Ubuntu 11.10 ini adalah merubah tampilan gnome shell nya saja, terutama dengan mengaktifkan ektensi MGSE yang digunakan pada Linux Mint Lisa. Coba sobat bandingkan dengan tampilan Linux Mint di situsnya.
Disitu kita akan dapati tampilan yang tidak jauh berbeda dengan tampilan screenshot desktop Ubuntu 11.10 yang saya tampilkan diatas.  Ya.. sebuah panel dibawah dengan windows list dan mint menu. Ya! tampilan tadi dimungkinkan karena adanya ekstensi MGSE pada gnome shell, atau lebih tepanya terdiri dari MGSE Menu, MGSE Bottompanel and MGSE Window List.
Nah sekarang bagaimana cara memasang ketida ektensi tadi? So, saya juga mengasumsikan sobat sudah memasang gnome3 di Ubuntu tentunya. Dan sekali lagi kita akan menggunakan sumber PPA dari webupd8tim, dengan cara :
Buka terminal dan ketikan perintah dibawah ini :
sudo add-apt-repository ppa:webupd8team/gnome3
sudo apt-get update
sudo apt-get install mgse-bottompanel mgse-menu mgse-windowlist
Sebagai tambahan sobat juga bisa memasangkan tema Zukitwo yang juga dipakai pada Linux Mint :
sudo add-apt-repository ppa:webupd8team/themes
sudo apt-get update
sudo apt-get install zukitwo-theme-all
Setelah itu sobat bisa langsung menjalankan gnome shell tweak untuk merubah tema gnome shell. Dan tentu saja sobat harus mengaktifkan ketiga ekstensi diatas.
Merubah Tampilan Gnome Shell dengan Gnome Shell Tweak
Selamat Mencoba.. by lapenduzz

2 komentar: