gg

k

Kamis, 12 April 2012

Icon Folder di Linux Ubuntu dengan Oxygen Icon

Salah satu kelebihan sistem operasi Linux (khususnya Ubuntu) yaitu memberikan kita keleluasaan untuk melakukan kustomisasi, baik itu tampilan dekstop, jendela/window, menu/navigasi, pointer, hingga icon folder.
Nah, kali ini saya akan berbagi tips untuk mengubah tampilan icon folder pada Ubuntu. Tampilan default icon folder Ubuntu menurut saya kurang menarik. Oleh sebab itulah, saya berinisiatif untuk menggantinya dengan icon yang lebih cantik dan lebih hidup.
Salah satu icon tersebut yaitu ‘oxygen-icon’. Warnanya biru cerah (seperti gambar di bawah ini).
filesystem-icon

Cara Install Oxygen-Icon

  1. Ketik (‘copy-paste’) saja perintah berikut ini pada terminal, lalu tekan Enter.
    sudo apt-get install oxygen-icon-theme
    Jangan lupa isi password Ubuntu Anda pada proses selanjutnya, lalu tunggulah proses installasi berjalan hingga selesai pada terminal.
    install-oxygen
  2. Setelah proses penginstallan selesai, coba buka menu System > Preferences > Appearance (jika Anda menggunakan dekstop klasik). appearance-menu
  3. Lalu, pada jendela yang terbuka, coba pilih/klik theme yang Anda gunakan, kemudian klik tombol . theme-menu
  4. Pada jendela baru yang terbuka, coba pilih sub menu ‘Icons’ dan kemudian pilih/klik list icon yang berwarna biru dan bernamakan ‘Oxygen’. Itulah icon yang baru saja Anda install. oxygen-installed
  5. Klik tombol untuk segera melihat hasilnya. Coba buka salah satu direktori di Ubuntu Anda. Tampilan icon foldernya akan seperti gambar pertama dan kedua di atas.
Atau seperti di bawah ini (dalam opsi ‘Compact View’).

0 komentar:

Posting Komentar